Sambas -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jl.A K .Kasim No.20. Pemangkat Kota.Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. Terus menuai pujian dari masyarakat. Sejumlah pasien dan keluarga pasien menyampaikan apresiasi atas peningkatan kualitas pelayanan yang kini dirasakan jauh lebih baik. Jumat (8/8/2025).
Kini datang dari keluarga pasien dan pasien yang merasakan langsung transformasi layanan kesehatan yang lebih cepat, responsif, dan berempati.
Tidak lagi terdengar keluhan soal pelayanan lambat atau petugas yang dingin. Sebaliknya, kini banyak testimoni yang mengapresiasi keramahan, kesigapan, dan kenyamanan pelayanan rawat inap maupun rawat jalan.
Sosok dr. Yana Sumartana,M.A.P Direktur RSUD Pemangkat yang terus mendapatkan pujian dari masyarakat
Elsabert (27), seorang pasien rawat nginap warga penjajab Kecamatan Pemangkat, menyebut bahwa proses pendaftaran kini jauh lebih mudah melalui mobile JKN sehingga sistem antrian yang tertata.
Ia mengaku tidak merasa dibeda-bedakan, meskipun hanya pasien BPJS. Padahal dirinya mengalami sakit Asam lambung .
“Pelayanan di RSUD sekarang itu cepat dan manusiawi,” ujar Santi orang tua Elsa yang ikut mendampingi.
Hery warga Desa Sepadu Kecamatan Teluk Keramat yang tengah menjaga mertua nya di ruang rawat inap,(isolasi) mengungkapkan pengalamannya.
“Sejak hari pertama masuk RSUD, kami sangat dilayani dengan baik dan ramah. Perawatnya sering datang menanyakan kondisi pasien, dokter rutin kontrol, dan yang paling penting, kami merasa dianggap manusia,” lanjutnya.
“Alhamdulillah berkat pelayanan yang sangat baik tersebut, Mertua saya ada perkembangan. Mertua saya sakit paru- paru faktor usia dan masih dirawat di RSUD Pemangkat dan mungkin beberapa hari lagi diizinkan pulang. Terima kasih RSUD Pemangkat ,” ungkapnya.
Sementara, Direktur RSUD dr. Yana Sumartana M.A.P, menjelaskan bahwa pihaknya memang sedang melakukan pembenahan menyeluruh, terutama di layanan rawat inap yang menjadi ujung tombak reputasi rumah sakit.
“Rawat inap adalah cermin nyata dari pelayanan kesehatan. Kami tekankan pada seluruh perawat dan tenaga medis untuk bersikap responsif dan empatik. Pasien bukan hanya butuh obat, tapi juga perhatian,” ungkapnya.
Pembenahan ini merupakan bagian dari reformasi internal rumah sakit, mulai dari pelatihan etika pelayanan, penambahan tenaga keperawatan, hingga peningkatan sistem monitoring layanan pasien selama 24 jam.
Direktur RSUD Pemangkat, dr. Yana Sumartana,M.A.P. menyambut baik pujian masyarakat. Bagi dokter Yana,bahwa apresiasi dari masyarakat adalah energi positif bagi seluruh tim RSUD. Menurutnya, setiap kalimat pujian bukan hanya bentuk pengakuan, tetapi juga menjadi motivasi besar untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan.
“Kami sangat bersyukur atas kepercayaan dan pujian dari pasien maupun keluarga pasien. Ini adalah motivasi bagi kami. Saya pribadi dan seluruh tim akan terus melayani dengan hati,” terang dr. Yana menyudahi melalui .WhatsApp.
Rep : Samsul Hidayat